Tata Kelola TI : Pengukuran Performa Management dan Management Sumber Daya

Performance Measurement (Pengukuran Kinerja) adalah suatu proses penilaian kemajuan pekerjaan terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditentukan sebelumnya, termasuk informasi atas efisiensi penggunaan sumber daya dalam menghasilkan barang dan jasa, kualitas barang dan jasa, hasil kegiatan dibandingkan dengan maksud yang diinginkan dan efektivitas tindakan dalam mencapai tujuan. 
Performance Measurement berfokus pada bagaimana mengukur serta mengawasi kinerja dan teknologi informasi dan menyesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

Elemen pokok suatu pengukuran kinerja antara lain:
1. Menetapkan tujuan, sasaran, dan strategi organisasi.
2. Merumuskan indikator dan ukuran kinerja.
3. Mengukur tingkat ketercapaian tujuan dan sasaran”sasaran organisasi.
4. Evaluasi kinerja.

Kaitan Performance Measurement dengan IT Governance.
    Secara mendasar, tata kelola teknologi informasi memusatkan perhatian pada dua hal yaitu :
    - Teknologi informasi membawa nilai pada bisnis.
    - Teknologi informasi menghasilkan resiko.

    Pengukuran kinerja akan menjadi tolok ukur keberhasilan penerapan tata kelola teknologi informasi. Hal ini dapat memberikan gambaran apakah hasil kinerja terhadap domain tata kelola TI sudah sesuai dengan tujuan masing-masing. Pada accountability, investasi teknologi informasi harus dapat dipertanggung jawabkan. Pertanggungjawaban ini berdasarkan suatu ukuran / kriteria tertentu sehingga investasi tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Kriteria tersebut dinilai berdasarkan kinerja yang dihasilkan oleh teknologi informasi terhadap proses bisnis dan tujuan organisasi secara keseluruhan
Penelusuran dan pengawasan implementasi dari strategi, pemenuhan proyek yang berjalan, penggunaan sumber daya, kinerja proses dan penyampaian layanan dengan menggunakan kerangka kerja seperti Balanced Scorecard yang menerjemahkan strategi ke dalam tindakan untuk mencapai tujuan terukur dibandingkan dengan akuntansi konvensional.

Resource management berfokus pada bagaimana sumber daya dan infrastruktur dapat mencukupi dalam penggunaannya yang optimal.
Resource management: adalah tentang investasi yang optimal, dan pengelolaan yang tepat atas sumber daya TI yang kritis, yaitu antara lainaplikasi, informasi, infrastruktur dan orang-orang. Isu-isu kunci berkaitandengan optimasi pengetahuan dan infrastruktur.
Tujuan Resource Management  :
- Memaksimalkan produktivitas
- Memberi efektivitas pada pengelolaan
- Memberi efisiensi pada pengelolaan

Kaitan Resource Management dengan IT Governance

Pengelolaan sumber daya adalah tentang membangun dan menyebarkan kemampuan IT untuk kebutuhan bisnis. Halnini terutama terkait dengan sumber daya manusia, termasuk pengetahuan, ketrampilan dan infrastruktur. Masalah ini berkaitan cara untuk mengelolanya, dengan mempertimbangkan model inhouse dan outsourcing, dengan menggunakan kriteria evaluasi yang berasal dari tujuan strategis perusahaan dan faktor penentu keberhasilan (CSF).

Comments

Popular Posts